Pempek Palembang: Resep dan Tips Membuat Camilan Khas Sumatera Selatan

Pempek adalah makanan khas Palembang yang terkenal dengan kelezatan dan tekstur kenyalnya. Berikut adalah cara sederhana membuat Pempek Palembang di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah 500 gram ikan tenggiri, 250 gram tepung sagu, 2 butir telur, 2 siung bawang putih, garam, dan air secukupnya. Untuk saus cuko, Anda memerlukan 200 gram gula merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai rawit, 1 sendok teh asam jawa, dan garam secukupnya.

Pertama, haluskan ikan tenggiri dan bawang putih, lalu campurkan dengan tepung sagu, telur, dan garam. Uleni adonan hingga merata dan bisa dibentuk. Bentuk adonan sesuai selera, bisa bulat, pipih, atau panjang.

Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan pempek dan masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan. Untuk saus cuko, rebus gula merah, bawang putih, cabai rawit, asam jawa, garam, dan air hingga mendidih dan kental.

Pempek Palembang siap disajikan dengan saus cuko, mie, dan timun. Selamat mencoba membuat Pempek Palembang di rumah dan nikmati kelezatannya!

Posting Komentar

0 Komentar